Blog Post

April 29, 2017 /

Cara Menulis Artikel Bahasa Inggris Di Blog


Kali ini saya akan berbagi tips tentang cara menulis artikel bahasa Inggris di blog meskipun dengan kemampuan bahasa Inggris anda yang pas pasan. Sementara, Google Translate tidak cukup membantu anda dengan aturan past tense yang benar. Karena Google Translate memang menerjemahkan kata dan kalimat apa adanya, apapun yang anda tulis.

Sementara anda ingin punya blog yang berbahasa Inggris dengan tujuan dan maksud baik. Agar pesan anda lewat tulisan dapat di baca oleh orang orang dari seluruh penjuru dunia.

Menurut opini pribadi saya sebenarnya dengan modal bahasa Inggris yang pas-pasan itu tidak jadi soal dalam menulis artikel blog berbahasa Inggris.

Tentunya dengan syarat ketika anda mulai menulis artikel bahasa Inggris harus di iringi dengan kemauan untuk belajar dan jangan hanya mengandalkan Google Translate saja. Karena kalau tidak teliti malah kalimat yang anda translate jadi tidak karu karuan.

Sebenarnya saya sendiri juga masih belum mahir dan masih perlu banyak belajar. Tapi mudah mudahan anda bisa ambil point yang berguna dari pengalaman saya yang boleh di bilang cukup berhasil dalam mengelola website berbahasa Inggris. Salah satu blog berbahasa Inggris saya yang saat ini aktif adalah Digimanx.com

Dan tidak tanggung tanggung lho, blog saya yang satu ini adalah blog multi niche yang membahas berbagai hal seputar Internet dan teknologi.

Percaya atau tidak semua saya kerjakan sendiri, meskipun suatu saat nanti saya mungkin akan mencari penulis (kontributor) lain untuk membantu saya membesarkan website saya.

Ok! Ini dia trik saya dalam mempelajari cara menulis artikel bahasa Inggris secara otodidak yang bisa anda coba terapkan.

Tips belajar menulis artikel Bahasa Inggris sendiri

  1. Percaya diri tapi tetap mawas diri.
  2. Jangan malu mengakui kalau bahasa Inggris anda masih kacau hehe.
  3. Sering sering baca artikel atau buku baik itu buku yang berbahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Baca baca dan baca, itu kuncinya.
  4. Nonton film berbahasa inggris sambil belajar listening.
  5. Dengar musik yang berbahsa inggris (Tidak melulu musik yang anda suka, di sini tujuanya untuk sambil belajar)
  6. Coba untuk gaul sama orang bule di media sosial seperti Facebook, Twitter dan sebagainya. Dari sana anda akan belajar dengan sendirinya.
  7. Sering berkunjung ke forum diskusi yang berbahasa Inggris. Tapi kalau bisa yang usernya dari berbagai etnik dan bangsa.
  8. Youtube boleh juga karena disana banyak komentar yang memakai bahasa sehari hari dan bahasa slang (gaul).
  9. Pakai “Easy English” atau ‘Plain English‘ untuk mulai menulis.
  10. Jadilah diri sendiri 🙂

Keuntungan apa kalau artikel blog anda pakai bahasa Inggris?

Wow! banyak sekali! terutama adalah visitor anda akan datang dari seluruh penjuru dunia tidak hanya visitor lokal atau dari US saja.

Apalagi kalau blog anda adalah blog affiliasi tentunya akan banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Dan ketika anda memasang iklan dari Google Adsense tentu revenue yang anda hasilkan akan lebih besar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Bagaimana kalau pembaca artikel saya jadi bingung!?

Kan bahasa Inggris saya kurang bagus?

Ini mungkin yang selalu jadi pertanyaan anda. Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya, gunakanlah “Plain English” ketika menulis. Dan jangan terlalu memusingkan apakah Past Tense sudah sempurna atau belum. Di sini intinya yang penting adalah point dalam tulisan anda arahnya jelas.

Tentu saja, grammar memang harus tetap di perhatikan ya! karena prinsip “Plain English” bukan berarti ngawur lho!

Anda bisa mengambil keuntungan auto spelling di pengaturan Komputer anda dalam hal ini. Tapi saya ingatkan untuk tetap teliti meskipun pakai auto correct spelling.

Kesimpulan

Meskipun bahasa Inggris anda pas-pasan namun ketika menulis di iringi dengan kemauan belajar mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anda. Percayalah seiring waktu pasti bahasa Inggris anda pasti akan berkembang dengan sendirinya.

Kalau budget anda banyak mungkin anda bisa dengan mudah membayar orang lain untuk menuliskan artikel bahasa Inggris untuk blog anda dan menjadikan blog hanya sebagai ladang bisnis saja.

Karena memang hanya dengan $ 5 saja anda sudah bisa membeli artikel yang panjangnya 500 kata. Fiverr adalah salah satu website yang cukup populer untuk mencari penulis paruh waktu (Freelancer)

Tidak masalah sih sebenarnya, selama anda sendiri juga ikut menulis artikel di blog anda. Tapi kalau anda menulis blog karena passion, untuk sharing dan pembelajaran diri. Dan kalau bisa belajar untuk melakukanya sendiri kenapa tidak mencobanya?!

Ok, semoga artikel ini bisa bermanfaat, maaf kalau ada kata kata yang salah tulis. Terima kasih sudah meluangkan waktu anda sejenak untuk membaca artikel saya

Salam!

[Note!] Artikel ini aslinya saya tulis pada tanggal 20 December 2016 di blog saya Digimanx.com dan saya pindah ke Blog Penny pada tanggal 10 Februari 2017. Dan terakhir saya pindah di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar