Blog Post

Juni 08, 2017 /

Cara Install WordPress Di cPanel Hosting

Apakah anda punya rencana untuk membuat blog dengan WordPress sebagai blogging platform anda? atau malah anda baru saja membeli domain dan web-hosting baru tapi masih bingung cara install WordPress di cPanel pribadi anda?

Jangan khawatir, di sini saya akan mencoba memandu anda untuk install WordPress di cPanel. Sebenarnya tidak  susah susah amat kok, anda pasti bisa melakukanya sendiri, dan prosesnya juga tidak membutuhkan waktu yang lama alias cepet.

Tapi sebelum kita mulai pastikan domain anda sudah terpropragasi, biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam setelah di aktifkan oleh web-hosting provider anda, sebelum domain name muncul di internet secara live.

Jika memang semua sudah siap, login ke cPanel anda dan mari kita mulai 🙂

Install WordPress di cPanel menggunakan Softaculous

Ketika anda login ke cPanel pribadi anda, coba cari aplikasi bernama Softaculous Apps Installer di menu bagian Software. lihat screen shot di bawah

Klik Softaculous  Apps Installer, di halaman softaculous anda akan menjumpai berbagai aplikasi untuk website seperti WordPress, Joomla, Drupal dll.

Pilih WordPress dan klik Install. lihat gambar di bawah 👇

Install dan setting WordPress

Setelah anda kilik tombol install, aplikasi WordPress akan meminta anda mengisi form untuk Nama website, Deskripsi website, Admin username, password dll.

[Penting!] Pastikan anda mengosongkan In Directory form, default-nya otomatis terisi WP. Jadi hapus dan kosongkan saja!

Dengan mesngosongkan In Directory form, akan membuat alamat URL website anda seperti ini 👉 http://digimanx.com/ kalau anda tidak mengosongkanya alamat URL anda akan menjadi seperti ini http://digimanx.com/wp

Jadi perlu di ingat sebaiknya kosongkan saja! lihat screen shot

Isi nama blog anda dan juga deskripsi singkatnya. Untuk admin user name pastikan anda mencari nama yang unik dan hanya anda saja yang tahu dan jangan menggunakan nama asli anda [Penting].

Dan user name ini juga yang nantinya bakal anda gunakan untuk login ke WP Admin dasbor.

Untuk setting nama publik yang akan tampil di blog anda (Nama asli anda), nanti akan kita bahas ‘di bawah.’

Isi Password, pastikan anda menggunakan password yang kuat.

Masukan juga alamat email aktif anda (kalau bisa pakai email yang sama dengan yang anda pakai untuk akun Gravatar anda). Lihat screen shot

Untuk setting yang lain biarkan pada settingan default.

Ketika anda merasa semua sudah benar, klik tombol install!

Dan selamat! sekarang blog wordpress baru anda sudah live di internet!

Tapi tunggu dulu! pekerjaan kita belum benar-benar selesai. Kita perlu mempersiapkan WordPress dengan beberapa setingan dasar.

Setting WordPress paska install

#Setting Bahasa

Dari WP Admin panel menu di sebelah kiri, pergi ke Settings > General pada bagian paling bawah anda akan lihat setting untuk Bahasa situs (Site Language)

Anda bisa memilih menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa inggris.

#Pilih Tema

Anda bisa menggunakan tema bawa’an WordPress atau bisa pilih ratusan tema langsung dari WP admin.

Di panel menu sebelah kiri klik saja Tampilan > Tema kemudian kemudian klik saja tombol ‘Tambah Baru’ di sebelah kiri atas laman tema.

Di sana Anda bisa mencari tema yang sesuai dengan selera anda, anda juga bisa upload tema langsung dari sana.

Setting Nama Panggilan

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kenapa harus menghindari menggunakan nama asli anda untuk “Admin User Name.” adalah untuk mencegah hacker menggunakanya untuk meretas situs anda. Ini akan membuat hacker kesulitan untuk menebak pastinya.

Okay! langsung saja, dari dasbor WP Admin panel sebelah kiri klik Pengguna > Profile Anda

Isi informasi anda seperti Nama Depan, Nama Belakang, Nama Panggilan (nama panggilan andalah yang nantinya akan tampil di blog anda)

[Penting!] sekali lagi saya ingatkan, pada setting ‘Tampilkan nama secara publik sebagai’ pastikan  anda menggunakan Nama Panggilan asli anda dan bukan Nama Pengguna (Admin user name).

Contoh:

Nama Pengguna : …cukup anda sendiri yang tahu.

Tampilkan nama secara publik sebagai : …isi dengan nama panggilan asli anda. Lihat screen shot

#Setting Email & Gravatar

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, pada bagian Email, masukan Email yang sama yang anda pakai untuk akun Gravatar anda.

Dengan memakai email yang sama dengan yang anda pakai untuk akun gravatar, maka foto profil Avatar anda yang tampil akan sama dengan yang anda gunakan di akun gravatar.

Dan tidak hanya tampil di blog anda sendiri, foto gravatar anda juga akan tampil ketika anda meninggalkan komen di blognya orang lain yang juga ber-platform WordPress. Jadi pastikan upload foto anda yang paling keren.

Kalau belum punya akun gravatar silahkan buat akun gravatar anda di Gravatar.com

Silahkan kalau mau coba, anda bisa test gravatar baru anda dengan meninggalkan komen di sini 😉

#Isi bio anda

Isi bio anda dan perkenalkan siapa diri anda pada dunia 😎

#Lain lain

Untuk setting yang lain biarkan saja dulu pada settings default. Seiring waktu anda pasti akan paham dengan sendirinya untuk setting wordpress tingkat lanjut (Advance).

Buat halaman baru

Klik Laman > Semua Laman pada panel kiri, default-nya di sana sudah ada Sample Page, hapus saja sample page tersebut dan buat halaman baru dengan mengklik tombol ‘Tambah Baru’ di sisi kiri atas.

Buat Halaman baru seperti halaman untuk ‘About me’ dan ceritakan kepada pemirsa anda tentang diri anda.

Buat juga halaman untuk Privacy policy, Disclaimer dan Term of use. Anda bisa menggunakan Privacy policy generator, gratis kok kalau untuk blog individu. Tanya saja paman Google.

Mulai menulis post

Ketika semua sudah siap, mulailah menulis postingan pertama anda. Kalau belum punya ide, ya cari dulu idenya dengan membaca artikel blog, buku atau apa saja yang bisa merangsang ide ide brilian anda keluar.

Pastikan sebelum menerbitkan post, anda menambahkan kategori baru yang sesuai dengan niche anda. Untuk menambah kategori baru bisa langsung dari box sebelah kanan laman post editor. Jangan lupa untuk beri juga Tag. Kalau semua sudah siap, baru terbitkan postingan anda.

Okay! Semoga tutorial dasar untuk install WordPress di cPanel ini bisa membantu anda untuk membuat blog anda sendiri.

Saya juga akan mencoba menulis post tentang pengalaman saya dan tips-tips untuk mengelola blog WordPress tingkat lanjut di blog ini. Stay tuned!

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan komen anda, sekedar say hey! mau tanya-tanya, memberi saran atau apalah, silahkan! jangan malu-malu 🙂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar