Blog Post

Desember 05, 2017 /

Sisi Gelap Blog Yang Perlu Anda Tahu


Mungkin anda pernah dapat cerita entah itu dari baca artikel di blog, lihat iklan di internet atau dari teman atau tetangga anda bahwa; “si anu itu lho sekarang sukses karena kerja online jadi blogger, bisa beli ini bisa beli itu … dan seterusnya … dan seterusnya.”

Kalau anda orang yang cukup tahu tentang seluk beluk mengais rejeki di dunia online, dalam benak anda mungkin akan ada pertanyaan; “masak sih? ..”

Tapi bagi orang awam yang bahkan tidak tahu apa itu Google akan dengan sangat mudah nya percaya apa yang mereka dengar. Apalagi di tambah memang mereka lihat sendiri “si anu” itu sekarang uang nya banyak.

Benarkah?

Kenyataanya, tidaklah demikian ..

Mencari uang halal lewat ngeblog tidaklah segampang cerita cerita yang sering anda dengar, atau seperti yang saya singgung tadi tentang si anu yang bisa dengan mudahnya dapat uang dari ‘bekerja’ online lewat blog.

Yang saya tahu para blogger yang bekerja untuk mencari uang halal lewat blog mereka pada umumnya sangat transparan. Dan blog mereka pun sering nongol di halaman Google, kadang si empunya juga share konten mereka di akun sosial media. Dan biasanya punya halaman khusus untuk website / blog mereka.

Sementara sebagian orang yang mengaku sebagai blogger tidak pernah share konten blog mereka, tidak punya halaman untuk blog dan mereka seakan akan merahasiakan cara kerja mereka. Aneh! ini blogger apa detektif?

Nah! itulah sebabnya di sini kita akan investigasi lebih dalam tentang sisi gelap dunia blog dan blogger.

Dengan tidak bermaksud untuk asal main tuduh, tulisan ini hanyalah untuk tujuan edukasi sekaligus bahan renungan.

Karena yang pasti segala sesuatu itu pasti punya dua sisi. Sisi gelap dan terang, baik dan buruk, jujur dan bohong, sportif dan curang dan seterusnya.

Begitulah adanya hidup … dan kitalah yang harus bijak memilah dan memilih.

Modus yang di gunakan

Seiring dengan kemajuan zaman yang super cepat ini, banyak oknum oknum yang mengaku sebagai blogger mencoba mencari ‘cara cepat’ pula untuk menghasilkan uang dari internet tanpa perduli apakah cara yang di pakai itu benar atau salah.

Saya berani menulis tentang topik ini karena saya dulu, dulu sekali, saya juga pernah tergoda dengan salah satu modus ‘jalan pintas’ untuk mengumpulkan uang dari internet.

Eits! jangan salah lho! meskipun pernah begitu, saya masih menjujung tinggi asas kejujuran dan saya dulu juga selalu mengingatkan pengunjung blog untuk membeli software yang asli.

Jadi apa dong kesalahanya, wong jujur kan berarti benar?

[Perlu di catat! bahwa saya hanya pernah punya pengalaman di #Modus 1]

Ok! di #Modus 1 inilah saya sempat tergoda dan sangat menyesal pernah melakukanya

#Modus 1 Blog download software bajakan (Link shortener + cracked software)

Di modus ini satu satunya cara menyimpang cari uang lewat blog yang pernah saya lakukan.

Dulu saya pernah membuat sebuah blog yang isi konten nya adalah membagikan software software premium yang udah di crack sama para cracker agar bisa di nikmati fitur premiumnya.

Nah di situ saya pakai link shortener macem Adf.ly untuk memonetasi blog saya. Jujur saja anda pastinya pernah lah mendownload software di sebuah blog dan ketika anda klik link download tiba tiba ada badai Pop Up iklan. Cetes! cetes cetes! kira kira seperti itulah ilustrasinya.

Terus setelah anda di minta menunggu beberapa detik baru kemudian link untuk file yang anda ingin kan baru muncul.

Dari setiap link yang di klik oleh pengunjung, si ‘blogger’ mendapatkan uang (revenue) Yah! seperti itulah kira kira modusnya,

Lalu apa kesalahan saya?

Kesalahan saya buka pada ‘Link shortener’ tapi karena membagikan software putihan (bajakan)

Dan karena rasa bersalah, semua sisa uang hasil dari blog saya berikan ke charity. Kemudian blog saya hapus karena saya merasa yang saya lakukan benar benar tidak mendidik dan hanya menambah daftar blog sampah di internet.

Dan yang menyedihkan, sampai sekarang pun jenis blog semacam itu masih banyak gentayangan di internet.

Meskipun sekarang saya sudah ‘tobat’ itulah salah satu contoh modus yang saya sendiri juga pernah melakukanya. Dan ya! saya sangat merasa bersalah.

#Modus 2 Publisher Nakal (Klik iklan di blog sendiri)

Kalau yang satu ini saya tidak pernah dan tidak akan pernah mau mencobanya karena saya publisher Adsense.

Saya tahu karena saya ‘Ninja blogger’ jadi saya sering melakukan investigasi.

Ok! ini dia modus operandi oknum oknum blogger yang mencari jalan pintas ‘Agar cepat kaya?’

Menurut saya, orang orang ini bahkan tidak pantas di sebut sebagai blogger karena mereka bahkan tidak perduli dengan etika seorang blogger.

Di website mereka umumnya tidak ada halaman seperti privacy policy, disclaimer dll. Bahkan design websitenya pun terkesan asal jadi.

Beberapa dari mereka memang ada juga yang memperhatikan design tapi dengan maksud agar blognya di terima oleh pihak advertiser network tertentu. Konten blog juga hanya asal tulis atau malah lebih parah, asal copy-paste.

Biasanya advertiser selain adsense karena blog mereka pun tidak layak untuk jadi tempat sebagai publisher adsense. Dan kalaupun mereka memakai adsense pastinya akan dengan segera ketahuan karena sekarang tidak mungkin mencurangi adsense.

Cara mereka bisa di bilang ‘cukup licik’ yaitu;

Setelah blog mereka di approve oleh pihak advertiser (biasanya advertiser network yang tidak terlalu besar) kemudian yang mereka lakukan adalah membentuk semacam ‘sindikat.’

Nah! setiap anggota ‘sindikat’ harus punya smartphone. Dari situlah mereka memanfaatkan IP ISP internet kartu prabayar.

Ya pekerjaan mereka hanya mengunjungi situs mereka sendiri dan mengklik iklan sendiri dengan cara gonta ganti kartu. Mungkin juga mereka menggunakan applikasi VPN atau mengganti proxy browser untuk mengakali lokasi.

Mereka juga menggunakan cara lainya yaitu dengan menggunakan iFrame dll.

Itulah pekerjaan mereka Klik klik klik klik klik klik klik klik .. x 1000

#Modus 3 (Scam / penipuan)

Kalau yang satu ini benar benar murni kriminal.

Anda mungkin pernah dapat SMS yang isinya; “Selamat anda mendapatkan hadiah bla bla silahkan kunjungi website kami untuk ambil hadiah dan seterusnya …”

Modus mereka adalah menggunakan website / blog untuk melakukan penipuan.

Ini adalah salah satu contoh yang sering di jumpai. Dan yang perlu di waspadai adalah banyaknya cara yang bisa di pakai si scammer (penipu) menggunakan #Modus ini untuk melakukan aksinya.

Waspadalah!

#Modus 4 Black Hat

Ini kalau saya menyebutnya adalah modusnya para blogger yang menyalahi aturan Google Webmaster.

Mereka umumnya menyalahi aturan webmaster untuk mendatangkan trafik ke situs mereka. Dengan main keyword cloaking, ilegal backlink, spam komen, spam email dll.

Mereka juga umumnya memonetasi situs mereka dengan iklan.

Kesimpulan

Dan tentunya masih banyak modus modus yang lain yang saya dan anda tidak ketahui. Karena mencari rejeki dari website / blog merupakan pekerjaan yang ‘samar’

Itulah mengapa sebaiknya para blogger harus berani tampil se-transparan mungkin. Agar tidak di kira melakukan praktik praktik yang menyimpang hanya demi mengais rupiah / dollar.

“Apalah arti rekening bank tanpa mewariskan kehormatan.”

“Apalah arti uang yang di hasilkan tanpa menjunjung tinggi nilai kejujuran.”

Mari ngeblog, tapi dengan memakai etika. Dengan mematuhi aturan Google Webmaster dan berbagi hal hal yang bermanfaat.

Di sini saya tidak ada maksud untuk menuduh atau cari musuh.

Di sini saya hanya menyampaikan apa yang harus di katakan. Karena di sini saya juga sudah mengakui pernah juga melakukan kesalahan.

Dan kenyata’anya blogging dengan cara yang benar malah bisa lebih menghasilkan. Tentu saja lebih butuh waktu lebih lama. Karena sesuatu yang baik pasti butuh proses yang baik pula.

Setuju atau tidak setuju, suka atau tidak dengan opini saya, atau jika teman teman ada yang tahu ada ‘modus lain’ silahkan tinggalkan komen anda.

Terima kasih sudah baca postingan saya

Salam

PS. Anda juga bisa baca cerita pengakuan saya di halaman About

Tidak ada komentar:

Posting Komentar